Jumat, 29 Mei 2009


Mencegah Sariawan secara Alami
Oleh Prof Hembing Wijayakusuma

Pernahkan Anda menderita karena sariawan saat makan? Sariawan memang bukan penyakit yang serius dan berbahaya yang mengantar pada kematian. Namun, bila dibiarkan akan menimbulkan infeksi yang dapat merebak ke mana-mana, sehingga mengganggu -- terlebih saat mengkonsumsi makanan yang bercita rasa terlalu pedas atau asam -- dan terasa nyeri pada luka sariawan.

Sariawan adalah tukak kecil yang bergaris tengah kira-kira 3 mm dengan dasar yang berwarna keputih-putihan, timbul secara berulang-ulang di lidah, bibir, atau gusi.
Gejala-gejala timbulnya sariawan, antara lain, lidah menjadi agak licin, berwarna kemerah-merahan, timbul luka-luka di bagian bawah dan pinggir atau belah-belah dibagian tengah lidah. Pada pipi bagian dalam tampak bintik-bintik putih, mulut terasa perih.
Selain itu, berbicara menjadi kurang jelas, karena bibir dan lidah tidak leluasa bergerak. Pada saat makan timbul rasa sakit dan perih, terutama saat mengkonsumsi makanan pedas, asin, atau asam.
Faktor-fator yang mempengaruhi sariawan, yaitu, tubuh kekurangan zat besi, vitamin B12, vitamin C, kelainan hormonal, stres, kegemaran mengkonsumsi makanan yang pedas atau makanan dalam keadaan panas atau terlalu dingin, konsumsi alkohol dan lain-lain.
Kiat mencegah dan mengatasi sariawan adalah mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, bervariasi, dan teratur. Selain itu, hindari dan batasi pengkonsumsian makanan yang terlalu pedas, terlalu panas atau terlalu dingin. Membatasi pengkonsumsian daging kambing. Konsumsikan sayuran atau buah-buahan yang mengandung vitamin terutama vitamin C, B12, mengandung zat besi, dan lain-lain.
Hal lainnya adalah konsumsi bahan makanan yang mengandung zat besi, konsumsi sayur-sayuran berwarna hijau, hindari pengkonsumsian alkohol, menjaga kebersihan mulut dan gigi dan lain-lain.
Terapi alamiah dengan tanaman obat untuk mengatasi sariawan, antara lain, gunakan 20 Lembar daun sirih segar direbus dengan air secukupnya, kemudian air rebusannya diminum selagi hangat.
Cara lain adalah gunakan 30 Gram daun ketepeng cina direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.
Atau dengan mengkonsumsi 3 jari asam jawa (dibuang bijinya) dan gula merah secukupnya direbus dengan air secukupnya hingga tersisa 200 cc, disaring dan diminum selagi hangat.
Upaya lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan 2-3 butir kiam boi/sun boi (dibuang bijinya), dan 200 gram pepaya matang dijus tambahkan air secukupnya, dan madu secukupnya lalu dimi-num. Lakukan 2 kali sehari.
Bisa juga dengan mengkonsumsi sekitar 15 gram kunyit dijus, dicampur dengan 200 cc jus jeruk, dan diminum. Atau 30 Gram daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya dijus, tambahkan madu secukupnya dan diminum.
Cara lain adalah rajin mengonsumsin 1-3 buah kiwi setiap hari. Banyak minum air putih.
Untuk mengatasi sariawan yang sulit disembuhkan terutama oleh gangguan hormonal, sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bisnis Sehat dengan dollar

teliad - the marketplace for text links Join Vinefire!

Moeslem Adsense